OPEN THE GATE: MEDIA PEMBELAJARAN GERBANG LOGIKA PADA PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Wenang Herdama, Sugiyanto (2018) OPEN THE GATE: MEDIA PEMBELAJARAN GERBANG LOGIKA PADA PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
06 Naskah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran gerbang logika untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Muhammadiyah 1 Bantul dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu (1) analysis, membuat analisis kebutuhan (materi, fitur, dan perangkat yang dibutuhkan); (2) design, membuat desain UML, desain storyboard, desain User Interface, dan menyusun materi dan latihan soal; (3) development, mengembangkan aplikasi menggunakan Android Studio dan membuat video simulasi gerbang logika; (4) implementation, diterapkan di smartphone siswa melalui Google Drive; (5) evaluation, secara formatif oleh ahli media dan ahli materi, secara sumatif oleh siswa. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Muhammadiyah 1 Bantul menggunakan metode angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif melalui teknik persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) Open The Gate merupakan media pembelajaran berbasis Android yang sesuai dengan kondisi pembelajaran siswa yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation dan (2) media pembelajaran tersebut layak digunakan di berbagai versi Android, mulai dari versi JellyBean, KitKat, Lollipop, hingga Marshmallow yang dibuktikan oleh hasil uji coba menggunakan AWS Device Form. Tingkat kelayakan media berdasarkan aspek cognitive load sebesar 84,26%, knowledge space and information presentation sebesar 80,97%, ease of use and navigation menu sebesar 83,73%, media integration sebesar 81,08%, aesthetics sebesar 81,08%, dan overall function sebesar 80,32%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gerbang logika, Android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55072

Actions (login required)

View Item View Item