PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DLINGO

Mita, Karolina (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DLINGO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan modul pembelajaran identifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Dlingo, 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran identifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini merupakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi lima langkah pengembangan yaitu; (1) analisis kebutuhan produk, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba kelompok kecil dan revisi, (5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Validasi modul dilakukan oleh 2 ahli media, 2 ahli materi dan 1 ahli evaluasi. Subyek penelitian untuk uji kelompok kecil berjumlah 8 siswa dan untuk uji kelompok besar berjumlah 23 siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 1 Dlingo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang kemudian disajikan dengan presentase. Hasil penelitian ini adalah: (1) Produk berupa Modul Pembelajaran Identifikasi Jenis Bahan Utama dan Bahan Pelapis yang kemudian melalui beberapa tahapan yaitu : melakukan analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. (2) Modul Identifikasi Jenis Bahan Utama dan Bahan Pelapis, dinyatakan layak untuk digunakan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil pendapat siswa dengan presentase 12,04 % pada uji coba skala kecil dan 87,96% pada uji coba skala besar serta dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi. Dengan demikian modul Identifikasi Jenis Bahan Utama dan Bahan Pelapis layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pemilihan bahan baku busana di SMK N 1 Dlingo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul, bahan utama, bahan pelapis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55070

Actions (login required)

View Item View Item