RANCANG BANGUN MESIN PENETAS TELUR ITIK MUSCOVY (CHAIRINA MOSCHATA) BERBAHAN DASAR KERAMIK MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL SUHU DENGAN SENSOR LM 35DZ

Harahap, Adetialita Agustina and Purwanto, Agus (2018) RANCANG BANGUN MESIN PENETAS TELUR ITIK MUSCOVY (CHAIRINA MOSCHATA) BERBAHAN DASAR KERAMIK MENGGUNAKAN SISTEM KONTROL SUHU DENGAN SENSOR LM 35DZ. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat penetas telur itik muscovy berbahan dasar keramik sesuai dengan set point suhu yang dibutuhkan dan menganalisis sistem kontrol suhu pada alat penetas telur otomatis dengan menggunakan rangkaian otomatis. Suhu ruang penetasan telur itik muscovy dikontrol menggunakan rangkaian kontrol suhu dengan menggunakan dua masukan pada penguat selisih IC LM358 yang berfungsi sebagai tegangan referensi (Vreff) yang merupakan output dari rangkaian pembagi tegangan dan sinyal feedback dari sensor suhu LM35 DZ sebagai tegangan input (Vin). Dengan adanya dua input pada penguat selisih, maka penguat (OP – AMP) akan merespon dua input tersebut dan melakukan proses pembandingan dengan hasil yaitu sinyal error. Output dari LM 358 dengan polaritas positif (+) lebih dari 0,77 V akan membuat transistor yang difungsikan sebagai switching mencapai ON (saturasi). Akibat dari saturasi tersebut relay yang digunakan sebagai saklar akan aktif sehingga arus yang mengalir ke elemen panas (kawat Nikelin) akan menghasilkan panas. Alat penetas telur ini diatur pada suhu berkisar antara (37,5 – 38,5)°C. Sistem pemanas diisolasi dengan baik, sehingga inkubator keramik dapat bekerja dengan jumlah penggunaan energi listrik sebesar 7,5 kWh. Alat ini memiliki kapasitas 30 butir telur, namun dalam penelitian hanya 20 butir yang telah diuji coba untuk menetaskan telur dengan baik dengan hasil pengukuran kelembaban mesin tetas keramik adalah 70% - 74%. Pada pengujian pertama, jumlah telur yang ditetaskan sebanyak 20 butir dengan tingkat keberhasilan 55%. Untuk uji kedua jumlah telur yang ditetaskan sebanyak 20 butir dengan tingkat keberhasilan 60%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Itik muscovy, suhu, LM 35, penetas telur, sistem kontrol, keramik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55056

Actions (login required)

View Item View Item