PENGEMBANGAN ALAT BANTU “BENDING BACK” UNTUK PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI KAYANG PADA SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR”

Priyadi, Wahyu (2018) PENGEMBANGAN ALAT BANTU “BENDING BACK” UNTUK PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI KAYANG PADA SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat pelajaran penjasorkes banyak siswa yang tidak bisa melakukan kayang dikarenakan tidak ada keberanian saat melakukan gerakan kayang. Selama ini guru pendidikan jasmani di sekolahan dasar tidak sepenuhnya dapat memberikan contoh dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran materi senam lantai khususnya kayang, guru tidak menggunakan alat bantu, melainkan menggunakan tangan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Keterbatasan alat bantu ini yang menjadikan proses pembelajaran begitu susah. Penelitian bertujuan menghasilkan alat bantu senam lantai kayang bernama “bending back” yang layak digunakan dalam pembelajaran penjas orkes materi senam lantai khususnya gerakkan kayang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian berawal dari melihat potensi dan masalah yang dihadapi dalam penelitian. Setelah masalah didapat, pengumpulan informasi dilakukan dan mulai membuat desain produk. Desain produk terbentuk dan dilanjutkan pembuatan produk. Produk kursi sudah jadi tahap selanjutnya validasi produk yang dilakukan kepada ahli materi, ahli media dan siswa (uji coba kelompok kecil) dan uji coba kelompok besar). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Penelitian Alat Bantu “Bending back” Untuk Pembelajaran Senam Artistik. Hasil uji kelayakan yaitu yang dilakukan ahli media didapatkan prosentase sebesar 93,33%, sedangkan uji ahli materi dedapatkan prosentase sebesar 100%,dan uji kepada responden kelompok kecil 100 % (10 siswa) menyatakan sangat layak ,dan hasil penelitian pada uji coba besar sebagian besar siswa sebesar 72 % (25 siswa) menyatakan sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa alat bantu “Bending Back” layak dipergunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, alat bantu “bending back”, senam artistik
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:49
Last Modified: 11 Mar 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55054

Actions (login required)

View Item View Item