PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA

Maulana, Moh Fadlil Lukman (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami bentuk peranan guru penjas dalam membangun karakter, mengidentifikasi mengenai keaktifan dan kepedulian guru terhadap pembentukan karakter peserta didiknya, mengetahui seberapa besar peranan guru penjas dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru penjas di SD N Kraton Yogyakarta, selain itu, terdapat juga informan pelaku dan informan tahu yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru kelas 3, dan satu peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), analisis data berbentuk data verbatim, kemudian dilakukan bracketing, lalu membuat daftar horizonalization, dan meaning units, setelah itu membuat deskripsi tekstural-struktural. Validitas hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan member check dan intersubjective validity Hasil menunjukkan bahwa peran guru penjas dalam membangun karakter peserta didiknya sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran. Bagi para peserta didik, guru penjas mampu menunjukkan keteladanannya seperti disiplin dengan datang di sekolah lebih awal, memotivasi peserta didik dengan memberikan apresiasi maupun hukuman yang membangun, selain itu guru penjas juga dapat menginspirasi baik peserta didik maupun rekan guru lainnya untuk memperbaiki diri sendiri agar memiliki karakter yang baik dalam bertutur kata dan bertingkah laku. Serta guru penjas juga berperan aktif dalam menanamkan pendidikan karakter. Lalu guru penjas juga melakukan evaluasi diakhir maupun diluar pembelajaran dengan melakukan pembiasaan pada peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab. Hal tersebut memberi manfaat positif bagi lingkungan sekolah di SD N Kraton Yogyakarta, sehingga dapat terciptanya peserta didik yang berkarakter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran guru penjas, membangun karakter, peserta didik, SD N Kraton Yogyakarta
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55053

Actions (login required)

View Item View Item