UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI ALAT BANTU PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGPLOSO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN -2017

Suparto, Suparto (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI ALAT BANTU PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGPLOSO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN -2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Suparto_15604227024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran passing bawah bolavoli belum dapat secara maksimal diterapkan bagi siswa kelas Vb SD Muhammadiyah Karangploso Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul.Hal ini disebabkan kemampuan passing bawah siswa kelas Vb SD Muhammadiyah Karangploso Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas Vb SD Muhammadiyah Karangploso Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul melalui modifikasi alat bantu permainan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SD Muhammadiyah Karangploso Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 30 siswa. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 105 menit. Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi pengamatan partisipasi siswa dan tes unjuk kerja siswa melakukan passing bawah sebanyak 3 kali kesempatan dengan durasi waktu 1 menit dengan menggunakan tehnik penilaian Brumbach forearm pass wall-voly test (Richard H C). Teknik analisis data yang digunakan secara berturutan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan pendekatan modifikasi alat bantu yang dilakukan dalam 2 siklus dengan keseluruhan 4 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas Vb SD Muhammadiyah Karangploso Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Peningkatan tersebut meliputi suasana pembelajaran dan perkembangan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya keaktifan belajar siswa, semangat beraktifitas dari siswa, dan perasaan senang dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga terlihat adanya peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa yang masuk dalam kategori baik .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Passing Bawah, Bolavoli, Modifikasi Alat Bantu.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55050

Actions (login required)

View Item View Item