PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK SULAM PITA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB GANDA DAYA ANANDA YOGYAKARTA

Bernavita Karina, Kusumasari (2018) PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK SULAM PITA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB GANDA DAYA ANANDA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Bernavita Karina Kusumasari_13513241002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan penggunaan media flip chart dalam meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta, (2) Meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta, dan (3) membuktikan media flip chart mampu meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dari Kemmis dan Taggart. SLB G Daya Ananda Yogyakarta memiliki 12 anak tunagrahita, dari 12 anak tersebut 5 orang termasuk dalam kategori tunagrahita ringan dan 2 diantaranya mengambil mata pelajaran keterampilan putri. Jadi, subyek penelitian adalah siswa SLB G Daya Ananda Yogyakarta sebanyak 2 siswa tunagrahita ringan yang terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media flip chart dapat membantu meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta ditunjukkan dari subjek lebih konsentrasi pada materi yang diajarkan, subjek mampu dan mau menjiplak motif, subjek mampu menyelesaikan tepat waktu, ukuran motif sudah disesuaikan desain, subjek lebih konsentrasi pada materi yang diajarkan, motivasi subjek untuk belajar besar, dan subjek lebih mengerti materi yang disampaikan; (2) kompetensi praktik sulam pita siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pada pra tindakan sebesar 51, 14; pada siklus I sebesar 67,05; dan pada siklus II sebesar 75,57; dan (3) penggunaan media flip chart terbukti dapat meningkatkan kompetensi praktik sulam pita pada siswa tunagrahita ringan di SLB G Daya Ananda Yogyakarta. Subjek I memperoleh nilai rata rata 78,41 dengan kategori tinggi dan subjek II memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,73 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: flip chart, kompetensi praktik sulam pita, siswa tunagrahita ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55041

Actions (login required)

View Item View Item