PENGARUH KONSENTRASI GARAM RED B TERHADAP KUALITAS HASIL PEWARNAAN PADA BATIK KULIT KAYU JOMOK MENGGUNAKAN ZAT WARNA NAPTHOL

Ferina Suci, Adiningtyas (2018) PENGARUH KONSENTRASI GARAM RED B TERHADAP KUALITAS HASIL PEWARNAAN PADA BATIK KULIT KAYU JOMOK MENGGUNAKAN ZAT WARNA NAPTHOL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FERINA SUCI ADININGTYAS.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 5 gram (2) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 10 gram (3) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 15 gram (4) Pengaruh konsentrasi garam red B dengan variasi 5 gram, 10 gram, dan 15 gram terhadap kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen faktorial AxB, dimana A adalah pengujian ketahanan luntur warna terhadap sinar (terang hari) dan B adalah faktor perlakuan (treatment) dengan variasi konsentrasai garam red B terdiri dari kode A (konsentrasi garam red B 5 gram), kode B (konsentrasi garam red B 10 gram), dan kode C (konsentrasi garam red B 15 gram). Diperoleh 9 sampel penelitian yaitu AxB = 3x3. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA satu jalur pada tingkat signifikansi α = 0,05. Selanjutnya apabila terdapat perbedaan, maka dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 5 gram menunjukkan nilai perubahan warna 4 kategori baik (2) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 10 gram menunjukkan nilai perubahan warna 4-5 kategori baik (3) Kualitas hasil pewarnaan pada batik kulit kayu Jomok menggunakan zat warna napthol dengan konsentrasi garam red B 15 gram menunjukkan nilai perubahan warna 4 kategori baik (4) Konsentrasi garam red B menunjukkan adanya pengaruh terhadap kualitas yang dihasilkan dengan konsentrasi 10 gram yang menghasilkan warna paling baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi garam red B, kualitas hasil pewarnaan zat warna napthol, batik kulit kayu Jomok
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:16
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55036

Actions (login required)

View Item View Item