TINGKAT KEMAMPUAN MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA KASTI KELAS V SD NEGERI WINONGKIDUL KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO

Eko Saputro, Kurnia (2018) TINGKAT KEMAMPUAN MELEMPAR, MENANGKAP, DAN MEMUKUL BOLA KASTI KELAS V SD NEGERI WINONGKIDUL KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Kurnia Eko Saputro (12604224044).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi tentang tingkat kemampuan dasar permainan kasti siswa kelas V yang masih bervariasi. Oleh karena itu perlu adanya pembuktian secara empiris dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan melempar, menangkap, dan memukul bola kasti siswa kelas V SD Negeri Winongkidul Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Winongkidul Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan melempar bola, menangkap bola, dan memukul bola. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini berupa tingkat kemampuan melempar bola kasti pada siswa kelas V dengan kategori “sangat tinggi” sebanyak 3 siswa (13%), kategori “tinggi” sebanyak 7 siswa (30%), kategori “sedang” sebanyak 5 siswa (22%), kategori “rendah” sebanyak 8 siswa (35%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 0 siswa (0%). Tingkat kemampuan menangkap bola kasti pada siswa kelas V dengan kategori “sangat tinggi” sebanyak 1 siswa (4%), kategori “tinggi” sebanyak 9 siswa (39%), kategori “sedang” sebanyak 8 siswa (35%), kategori “rendah” sebanyak 3 siswa (13%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 2 siswa (9%). Tingkat kemampuan memukul bola kasti pada siswa kelas V dengan kategori “sangat tinggi” sebanyak 2 siswa (9%), kategori “tinggi” sebanyak 7 siswa (30%), kategori “sedang” sebanyak 8 siswa (35%), kategori “rendah” sebanyak 6 siswa (26%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 0 siswa (0%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan dasar, permainan kasti, dan siswa kelas V.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55029

Actions (login required)

View Item View Item