PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI BERBASIS SOFTWARE PREZI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA KELAS X

Burhanudin, Rizal and Suyoso, Suyoso (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI BERBASIS SOFTWARE PREZI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Berbasis Prezi yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMA kelas X; (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar fisika siswa SMA kelas X setelah menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Prezi dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA kelas X setelah menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap pendefinsian merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangan rancangan awal Media Pembelajaran Berbasis Prezi dan instrumen penelitian. Tahap develop merupakan tahap pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Prezi yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa dalam ranah kognitif. Tahap disseminate merupakan tahapan penyebaran hasil akhir produk Media Pembelajaran Berbasis Prezi secara online di website www.prezi.com. Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Prezi ditentukan secara deskriptif dari skor penilaian yang di kategorisasikan berdasarkan rerata ideal dan simpangan baku ideal. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari nilai Standard Gain pada angket motivasi belajar siswa, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai Standard Gain lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media Pembelajaran Berbasis Prezi yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMA kelas X dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan motivasi belajar fisika sebesar 0,076 berdasarkan Standard Gain dengan kategori rendah dan 3) peningkatan hasil belajar fisika sebesar 0,84 berdasarkan Standard Gain dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prezi, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55022

Actions (login required)

View Item View Item