PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Ar Razaaq, Dhimas Gayuh and Supahar, Supahar (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media audio visual fisika berbasis video yang layak untuk pembelajaran fisika pada pokok bahasan fluida dinamis, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan minat belajar dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media audio visual dengan media handout dan PPT, dan (3) mengetahui keefektivitasan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik setelah mengikuti pembelajaran serta mengetahui keefektivitasan media audio visual dengan membandingkan media pembelajaran konvensional dalam hal peningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974:5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan media audio visual dan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan media audio visual, RPP, silabus, dan instrumen pengambilan data berupa angket minat belajar serta soal pretestposttest yang sudah ditelaah, divalidasi, dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh validator ahli dan praktisi. Pada tahap develope juga dilakukan uji terbatas butir soal dan uji coba lapangan. Produk media audio visual yang dikembangkan diuji coba di SMA N 5Yogyakarta dengan melakukan eksperimen. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan media audio visual yaitu kelas XI IPA 4 dan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan media handout dan PPT yaitu masing-masing kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran media audio visual dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media audio visual berupa video layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis hasil telaah menggunakan SBi dengan rata-rata skor total 4,44 (sangat baik), (2) terdapat perbedaan peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas yang menggunakan media audio visual dengan kelas kontrol berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000 (< 0,05), (3) media audio visual efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif dengan rata-rata gain score 0,2 untuk minat belajar dan 0,7 untuk hasil belajar kognitif. Media audio visual tidak lebih efektif dibandingkan media handout dan PPT ditinjau dari peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif berdasarkan nilai mean difference pada uji MANOVA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, minat belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55021

Actions (login required)

View Item View Item