PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MATERI PRINSIP DESAIN DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI

Unaisah, Unaisah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MATERI PRINSIP DESAIN DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah TAS Unaisah (13513241049).pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash materi Prinsip Desain di SMK Negeri 1 Saptosari. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash materi Prinsip Desain di SMK Negeri 1 Saptosari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap ketiga yaitu tahap define, tahap design, dan tahap develop. Subjek penelitian ini sejumlah 20 peserta didik untuk uji skala kecil dan 36 peserta didik untuk uji skala besar. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2017 - September 2017. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi menurut 2 ahli materi dan 2 ahli media, nilai koefisien berada pada nilai >0,5 – 1, sehingga instrumen penelitian ini dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen dilakukan dengan analisis Cohen’s Kappa dengan hasil sebesar 0,928 dengan kategori sangat reliabel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash materi Prinsip Desain di SMK Negeri 1 Saptosari yaitu : a. Tahap Define meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan; b. Tahap Design meliputi memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik, pemilihan bentuk penyajian pembelajaran, pembuatan flowchart, storyboard, rancangan materi, dan penyusunan produk awal (prototype); c. Tahap Develop meliputi expert appraisal dan development testing. Expert appraisal dilakukan dengan validasi ahli materi menghasilkan mean sebesar 117.5 dengan kategori sangat layak dan ahli media menghasilkan mean sebesar 113,5 dengan kategori sangat layak. Development testing yakni melalui 1) Uji coba skala kecil dengan hasil mean sebesar 101,3 pada kategori sangat layak. 2) Uji coba skala besar dengan hasil mean sebesar 112,5 pada kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian ahli, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar maka media pembelajaran berbasis Adobe Flash materi Prinsip Desain dinyatakan sangat layak digunakan. 2. Kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash berdasarkan ahli materi, ahli media, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar dinyatakan sangat layak, sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan pada mata pelajaran Dasar Desain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash, Prinsip Desain
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55019

Actions (login required)

View Item View Item