EVALUASI PELAKSANAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PEMBUATAN BELAHAN MANSET DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Radina, Galestyaningsih (2018) EVALUASI PELAKSANAAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PEMBUATAN BELAHAN MANSET DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi radina fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Melakukan evaluasi context yaitu mengetahui perencanaan pembelajaran pembuatan belahan manset menggunakan metode Discovery Learning, 2) Melakukan evaluasi input untuk mengetahui kesiapan pembelajaran pembuatan belahan manset menggunakan metode Discovery Learning, 3) Melakukan evaluasi proses untuk mengetahui proses pembelajaran pembuatan belahan manset menggunakan metode discovery learning ditinjau dari pendekatan saitifik dan mengetahui strategi guru dalam mengkolaborasikan pendekatan saitifik dan sintak metode Discovery Learning,4) Melakukan evaluasi product untuk mengetahui nilai siswa setelah menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi model CIPP. Pengujian instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgment.Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak pada bulan Mei 2017. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit kelas X Tata Busana 3. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian digolongkan dalam komponen CIPP dan dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Evaluasi context yaitu penyusunan RPP sudah sesuai dengan kurikulum 2013. 2). Evaluasi input yaitu kesiapan fisik, mental dan material direncanakan dengan baik sesuai dengan metode discovery learning. 3) Evaluasi proses menujukkan bahwa perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan metode discovery learning berjalan sesuai dengan strategi yang direncanakan. 4) Evaluasi product menunjukkan bahwa pencapaian nilai siswa dalam kriteria baik terbukti seluruh siswa telah memenuhi KKM dengan nilai rata-rata kelas 82,52, sehingga metode discovery lerning dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, CIPP, Discovery Learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55018

Actions (login required)

View Item View Item