IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018

PUSPITANINGRATRI, IRENA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi_Irena Puspitaningratri.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI); (2) meningkatkan Kekatifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket atau kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Pajak kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan dapat dilihat dari skor persentase keseluruhan Motivasi Belajar pada siklus I sebesar 76,61%. Siklus II skor persentase keseluruhan sebesar 84,91%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Motivasi Belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,30%. Penelitian ini juga terbukti meningkatkan Keaktifan Siswa. Pada siklus I Keaktifan Siswa menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 70,79%. Pada siklus II Keaktifan Siswa menunjukkan persentase keseluruhan sebesar 83,84%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Keaktifan Siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,05%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran Koopertatif Tipe Team Accelerated Instructions (TAI)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:24
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55006

Actions (login required)

View Item View Item