PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL DAN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018

Widayanti, Agnisa (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL DAN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Agnisa Widayanti_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Berbantuan Media Kartu Soal dan Jawaban Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018; (2) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Berbantuan Media Kartu Soal dan Jawaban Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini dilakukan dua kali siklus setiap siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk menilai Motivasi Belajar dan lembar observasi untuk menilai Aktivitas Belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa adalah teknik analisis data kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terjadi peningkatan Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Secara klasikal, Motivasi Belajar siswa dari siklus I yaitu 69,01% meningkat sebesar 6,55% pada siklus II menjadi 75,56%. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi secara klasikal, dapat dilihat dari hasil siklus I yaitu 66,88% meningkat sebesar 10,55% pada siklus II menjadi 77.44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Berbantuan Media Kartu Soal dan Jawaban dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Make a Match Akuntansi, Motivasi Belajar Akuntansi, dan Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55005

Actions (login required)

View Item View Item