Peningkatan Kualitas Perkuliahan Sistim Mikroprosesor Melalui Pembelajaran Modul Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan "IDEAL"

Putu, Sudira and Priyanto, Priyanto (2007) Peningkatan Kualitas Perkuliahan Sistim Mikroprosesor Melalui Pembelajaran Modul Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan "IDEAL". [Experiment/Research] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Penelitian 2007 Priyanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tersusunnya struktur kompetensi Mata Kuliah Sistim Mikroprosesor dan standar penilaian yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pemrograman sistim rnikroprosesor, model pengelolaan kelas yang mampu memberdayakan mahasiswa aktif dan kreatif secara individu dan atau secara kelompok dalam membangun kompetensi diri individu mahasiswa merupakan tujuan dari studi penelitian ini. Dengan menggunakan pendekatan "IDEAL" (ldentifj;ing problem, Defining problem, Exploring alternative approach, Actian on a plan, and Looking at the effect), modul- modul pembelajaran kompetensi disusun dan diterapkan dalam pembelajaran, diharapkan berdampak positif pada meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan cara penelitian tindakan kelas dua kali putaran. Dengan melakukan analisis kompetensi pemrograman sistim mikroprosesor dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ·dan beberapa standar kompetensi regional dari Singapura dan Australia. Masing-masing unit kompetensi dirumuskan indikator kinerjanya sebagai ukuran ketercapaian, dituangkan menjadi Satuan Acara Perkuliahan (SAP/AP) dan Silabus. Struktur materi dikemas berdasarkan hubungan tingkat kesulitan kornpetensi dan dipetakan dalam peta pencapaian kompetensi terbukti rnemudahkan mahasiswa mempelajari pemrograman Sistim Mikroprosesor. Kontrak belajar yang berisi kesepakatan-kesepakatan bersama tentang pemanfaatan wak-tu perkuliahan, penetapan nilai akhir Mata Kuliah Sistim Mikroprosesor, dituliskannya nilai harapan pada lembar presensi, dan adanya contoh disiplin dosen yang selalu datang tepat waktu dalam setiap perkuliahan membentuk suasana kondusif kondusif dalam belajar sebagaimana tuntutan pendidikan orang dewasa Pemberian tugas dalam setiap pertemuan dan diselesaikan dengan pendekatan "IDEAL" dengan penilaian langsung berbasis kinerja rnampu membentuk motivasi belajar dan kesan mendalam pada diri mahasiswa.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Dr. Priyanto M.Kom.
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:11
Last Modified: 25 Jan 2018 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54997

Actions (login required)

View Item View Item