PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PESAN INSTAN WHATSAPP SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK EFEK RUMAH KACA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURWOKERTO

Aji, Singgih Hutomo and Suparwoto, Suparwoto (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PESAN INSTAN WHATSAPP SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK EFEK RUMAH KACA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS_SINGGIHHUTOMOAJI_13302241060.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp yang layak; (2) mengetahui apakah produk media berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp sebagai sumber belajar mandiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika; (3) mengetahui besar peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari fisika materi pokok efek rumah kaca setelah diimplementasikan media pembelajaran berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 4D Models. Pada tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan Tahap Design, merancang produk media belajar mandiri. Tahap Develop, validasi rancangan produk oleh validator ahli–revisi, uji coba terbatas–revisi, dan uji coba lapangan. Tahap Desiminate, pengenalan media yang dikembangkan di SMA N 1 Purwokerto. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 6 dan XI MIA 7 SMA N 1 Purwokerto. Data penelitian dijaring menggunakan instrumen angket validasi, angket respon peserta didik, angket motivasi, dan soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan analisis kriteria penilaian ideal untuk mengetahui kelayakan produk media, analisis validitas instrumen menggunakan Expert Judgement, analisis validitas soal menggunakan program ITEMAN, dan analisis implementasi media pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan analisis statistika multivariat, serta analisis peningkatan motivasi dan hasil belajar menggunakan Standar Gain. Hasil penelitian ini adalah (1) media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp yang dikembangkan dinyatakan layak dengan penilaian validator pada seluruh aspek masuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 124; (2) media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik; (3) peningkatan motivasi peserta didik setelah diimplementasikan media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp menunjukkan nilai standar gain 0,1 pada kategori rendah, sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diimplementasikan media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp menunjukkan nilai standar gain 0,41 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, belajar mandiri, fisika, efek rumah kaca, motivasi, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54993

Actions (login required)

View Item View Item