PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LENGAN ROBOT 3 DOF (DEGREE OF FREEDOM) PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Ibnu, Hartopo (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LENGAN ROBOT 3 DOF (DEGREE OF FREEDOM) PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
IbnuHartopo_13502244002_FT.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan dan menguji tingkat kelayakan Lengan Robot 3 DOF(Degree of Freedom) sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) menurut Robert Maribe Branch dengan tahapan: (1) Analyze; (2) Design; (3) Develop; (4) Implement; dan (5) Evaluate. Pengumpulan data meliputi pengujian, pengamatan, dan kuisioner (angket). Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran Lengan Robot 3 DOF pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta 32 siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Wonosari sebagai subyek uji coba pemakaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa sebuah Media pembelajaran Lengan Robot 3 DOF pada pembelajaran pemograman mikrokontoler yang dilengkapi dengan modul panduan. Hasil validasi isi materi pengembangan media pembelajaran Lengan Robot 3 DOF oleh ahli materi mendapatkan prosentase sebesar 98,75% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi konstrak yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan prosentase sebesar 90,89% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji coba pemakaian oleh siswa mendapatkan prosentase sebesar 81,95% dengan kategori sangat layak. Sehingga Media Pembelajaran Lengan Robot 3 DOF dapat dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lengan Robot , Perekayasaan Sistem Kontrol, Teknik Elektronika Industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54990

Actions (login required)

View Item View Item