PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII

Agung Kusuma, Ridwan and Himmawati Puji, Lestari (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Ridwan Agung Kusuma.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbantuan GeoGebra untuk pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII dan mendeskripsikan kualitas LKS berdasarkan aspek valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian materi dan media pada LKS dan file GeoGebra untuk mengukur kevalidan, lembar penilaian oleh guru dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Uji coba penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngaglik kelas VIII F dengan banyak 31 siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS dan 7 File GeoGebra dengan langkah-langkah kegiatan penemuan terbimbing sebagai fitur utama pada LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbantuan GeoGebra untuk pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII yang dihasilkan dapat dikategorikan layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan LKS berada pada kriteria baik dengan skor 3,8 dari skor maksimal 5. Kepraktisan LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik untuk penilaian oleh guru dengan skor 4,23 dari skor maksimal 5, dan skor rata-rata dari angket respon siswa adalah 3,03 dari skor maksimal 4 dengan kriteria baik, serta hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran telah mencapai kriteria sangan baik. Keefektifan LKS berada pada kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar 64,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, GeoGebra, penemuan terbimbing, bangun ruang sisi datar, siswa SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54985

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KELAS VIII. (deposited 19 Jan 2018 02:29) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item