Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Pemecahan Masalah ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-esteem Siswa SMK.

Waritsman, Arsyil (2017) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Pemecahan Masalah ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-esteem Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsyil waritsman-15709251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan pemecahan masalah, peningkatan skor dan perbedaan keefektifan antara pembelajaran yang menggunakan kooperatif tipe TAI jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis, self-esteem siswa SMK Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Tolitoli. Kelompok sampel yang terpilih secara acak adalah kelas X PK 1 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan X PK 2 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan pemecahan masalah. Adapun instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah soal tes prestasi belajar matematika, soal tes kemampuan berpikir kritis dan angket self-esteem. Untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan pemecahan masalah dilakukan melalui analisis multivariat uji beda rata-rata satu sampel, uji beda rata-rata sampel berpasangan dan uji beda rata-rata sampel independen dengan menggunakan uji T^2 hotelling dengan taraf signifikansi 5% untuk menganalisis keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan pemecahan masalah ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa secara simultan. Selanjutnya, analisis univariat uji t dilakukan untuk mengidentifikasi pada variabel dependen mana yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan pemecahan masalah efektif, adanya peningkatan skor dan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan pemecahan masalah lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis, dan self-esteem siswa SMK

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kooperatif tipe TAI, pemecahan masalah, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2018 04:21
Last Modified: 15 Dec 2022 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54979

Actions (login required)

View Item View Item