KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KABUPATEN BANTUL DAN SLEMAN BERDASARKAN STATUS SEKOLAH

Hutami, Bestra Aprilia (2017) KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI KABUPATEN BANTUL DAN SLEMAN BERDASARKAN STATUS SEKOLAH. S1 thesis, UNY.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Sleman berdasarkan status sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan V SD di Kabupaten Bantul dan Sleman. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian 1.389 siswa kelas IV dan V yang berasal dari 24 SD yang tersebar di UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Sleman, dan UPTD Kalasan. Sampel terdiri dari 4 SD Negeri dan 2 SD Swasta dari setiap UPTD. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu status sekolah dengan kategori sekolah negeri dan sekolah swasta. Variabel tergayutnya adalah kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD kelas IV dan V, dengan variabel penjelas lokasi sekolah di Kabupaten Bantul dan Sleman dan jenjang kelas IV dan V SD. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD Negeri dan Swasta kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Sleman ada perbedaan dengan selisih skor 3,62 (3,02%) untuk sekolah swasta. Keduanya masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan skor maksimum yaitu 120 untuk skor mentah dan >+3,20 untuk skor estimasi dan masih terdapat siswa yang memperoleh skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan terendah (skor mentah 0) yang berarti kreativitas siswa tersebut tidak muncul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, keterampilan proses sains, status sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54977

Actions (login required)

View Item View Item