PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY MATERI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN GEN PADA TUMBUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS X SMA/MAN

Wardaniyati, Indah (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY MATERI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN GEN PADA TUMBUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS X SMA/MAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (HALAMAN III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Outdoor Activity Materi Keanekaragaman Jenis Dan Gen Pada Tumbuhan untuk Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Siswa Kelas X SMA/MAN. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian hanya terbatas pada tahap mengembangkan (development). LKPD sebelumnya sudah dilakukan penyuntingan oleh 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, 2 guru mata pelajaran biologi melalui pengisian angket dengan check list, kemudian diuji terbatas kepada 21 siswa kelas X MIPA MAN Yogyakarta 1. Penilaian critical thinking pada LKPD oleh ahli media dan guru mata pelajaran biologi menggunakan pengisian angket dengan check list serta siswa dengan mengerjakan soal evaluasi dan posttest setelah melakukan kegiatan LKPD. Penilaian kualitas LKPD ini oleh ahli media dan guru mata pelajaran dikatakan “baik”, konsep materi oleh ahli materi dikatakan “benar”, oleh siswa dinyatakan “setuju” baik. Penilaian terhadap berpikir kritis juga dikatakan “baik” oleh ahli media, “sangat baik” oleh guru mata pelajaran dan “setuju” baik oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi di sekolah serta mampu mengembangkan kemampuan critical thinking siswa berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran biologi dan tanggapan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: critical thinking, keanekaragaman gen dan jenis, LKPD, outdoor activity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54976

Actions (login required)

View Item View Item