PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN INFORMAL REASONING PADA ISU VAKSINASI UNTUK MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI SEMESTER ll DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Budiman, Arif (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN INFORMAL REASONING PADA ISU VAKSINASI UNTUK MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI SEMESTER ll DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (pdf).pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Socio-scientific Issues terhadap penguasaan konsep siswa, (2) pola-pola informal reasoning siswa menggunakan strategi pembelajaran Socio-scientific Issues. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen pre-test post-test control group. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yakni penerapan strategi Socio-scientific Issues dan variabel terikat berupa penguasaan konsep dan pola informal reasoning siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 29 siswa. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan konstruk. Data yang dikumpulkan berupa data pengetahuan awal dan pengetahuan akhir yang diperoleh dari soal uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji pengaruh non-parametrik Mann-Whitney untuk variabel penguasaan konsep dan untuk variabel informal reasoning menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan nilai 0.002 dengan taraf signifikansi (α) 0.05 pada pengujian variabel penguasaan konsep. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel informal reasoning menunjukkan kecenderungan penurunan pola intuitive dan emotive dan kenaikan pola rationalistic pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan pola informal reasoning siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Socio-scientific Issues berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan pola informal reasoning siswa pada materi vaksinasi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Socio-scientific Issues, Penguasaan Konsep, Informal Reasoning, Vaksinasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54975

Actions (login required)

View Item View Item