Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Mengerjakan Soal Open-Ended Jenis Pisa Siswa Kelas X Kabupaten Lampung Timur.

Arista, Evie Dwy Wahyu (2017) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Mengerjakan Soal Open-Ended Jenis Pisa Siswa Kelas X Kabupaten Lampung Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-evie-dwy-wahyu-arista-15709251019.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis PISA ditinjau dari level sekolah dan ditinjau dari usia siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan sampel penelitian terdiri dari 10 sekolah SMA di Kabupaten Lampung Timur dengan level tinggi, sedang dan rendah. Sampel penelitian ditentukan dengan stratified propotional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif jenis soal open-ended PISA yang terdiri 6 buah soal uraian dan pedoman wawancara. Instrumen yang digunakan telah dilakukan validasi isi oleh tiga orang ahli dengan rata-rata hasil validasi berkategori baik. Data hasil penelitian dianalisis dengan indikator berpikir kreatif matematis berdasarkan level sekolah dan usia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 261 siswa yang dijadikan sampel penelitian memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis dengan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Kemampuan berpikir kreatif matematis pada level sekolah tinggi dikategorikan cukup baik dengan persentase sebesar 31,2%. Kemampuan berpikir kreatif matematis pada level sekolah sedang dikategorikan cukup baik dengan persentase sebesar 44,1%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada level sekolah rendah dikategorikan kurang baik dengan persentase sebesar 36,4%. Kemampuan berpikir kreatif matematis pada rentang usia kurang dari 15 tahun (14 tahun ≤ X < 15 tahun) dikategorikan kurang baik dengan rata-rata nilai 9 dan persentase 3,89% dari 8 siswa pada usia tersebut. Kemampuan berpikir kreatif matematis pada rentang usia 15 tahun (14 tahun < X <16 tahun) dikategorikan sangat baik dengan rata-rata nilai 21,8 dengan persentase 39,5% dari 104 siswa pada usia tersebut. Kemampuan berpikir kreatif matematis pada rentang usia lebih dari 15 tahun (≥16 tahun) dikategorikan sangat baik dengan rata-rata nilai 10,35 dengan persentase 56,65% dari 149 siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Open-Ended, PISA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:51
Last Modified: 09 May 2019 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54969

Actions (login required)

View Item View Item