PENGEMBANGAN VIDEO PEBELAJARAN PRINSIP DESAIN SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

Septiani, Kartika Sari (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEBELAJARAN PRINSIP DESAIN SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi septiani.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan media video pembelajaran prinsip desain di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara dan (2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran prinsip desain desain di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan model 4D yang terdiri dari (1) Tahap pendefisian (define), (2)Tahap perancangan (design), (3)Tahap pengembangan (develop) ada 2 yaitu proses expert appraisal dan Develomental testing dan (4)Tahap pendesiminasian/ penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada proses pengembangan (develop). Validasi video pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dengan hasil Sangat Layak dan ahli media dengan hasil Sangat Layak. Subjek penelitian ini berjumlah 50 siswa. Pada uji coba skala kecil sebanyak 17 siswa dan 33 siswa untuk uji coba skala besar. Metode pengumpulan data menggunakan metode obsevsi, wawancara dan angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,854 dalam kategori Sangat Reliabel. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan ini adalah: 1. pengembanggan video pembelajaran dilakukan dengan a) define analisis kebutuhan produk dilakukan dengan menganalisis kurikulum sehingga diketahui kompetensi dasar yang memerlukan pengembangan video, yaitu prinsip desain, b) design rancangan pengembangan vidio meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi, c) develop terdiri dari 1) proses expert appraisal validasi ahli dan revisi, dengan meminta bantuan para ahli untuk menilai video, adapun revisi oleh ahli materi yaitu materi prinsip desain lebih disempurnakan, menambah materi, contoh - contoh busana dilengkapi yang lebih sesuai dan revisi oleh ahli media yaitu gambar di beri keterangan, keterangan pada gambar busana lebih menjelaskan Hasil validasi ahli materi diperoleh hasil nilai 78,5 yaitu dikategori Sangat Layak. Hasil validasi ahli media diperoleh hasil nilai 79 yaitu dikategori Sangat Layak. 2) Develomental testing uji coba skala kecil dengan diujikan kepada 17 siswa, hasil uji coba skala kecil diperoleh hasil nilai 91,17 yaitu dikategori Sangat Layak. uji coba skala besar diujikan pada 33 siswa uji coba skala besar diperoleh hasil nilai 93,09 yaitu dikategori Sangat Layak. 2. kelayakan video pembelajaran prinsip desain berdasarkan validasi ahli, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar dalam kategori Sangat Layak sehingga video prinsip desain dapat digunakan dalam pembelajaran dasar desain di SMK Negeri 1 Bawang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, prinsip desain
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54967

Actions (login required)

View Item View Item