Febry Darul Abror, Febry Darul Abror (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan FEBRY DARUL ABROR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tujuannya adalah mendapatkan secara langsung pengalaman dari penerapan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menggali berbagai ilmu yang terdapat di sekolah atau lembaga masing-masing sebagai bekal dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Pelaksanaan kegiatan PLT dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik maupun kependidikan dilembaga tersebut. Pada program PLT UNY tahun 2017, dari prodi teknologi pendidikan merambah ke salah satu ujung tombak pendidikan yaitu sekolah yang berlokasi di kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, tepatnya di SD Negeri 1 Trirenggo. Pelaksanaan PLT berlangsung selama 2 bulan terhitung dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Diawali dengan melakukan observasi lembaga sesuai dengan ranah keilmuan prodi Teknologi Pendidikan salah satunya yaitu sekolah. Sekolah dipilih karena adanya peluang besar bagi prodi teknologi pendidikan untuk berbagi ilmu seperti penyusunan RPP dan pelaksanaannya, metode dan model pembelajaran serta pengelolaan sumber belajar. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan yang berlangsung dengan berfokus pada pada pengelolaan sumber belajar di SD Negeri 1 Trirenggo. Dari hasil observasi kemudian terciptalah program kerja yang kemudian akan dilaksanakan pada saat PLT berlangsung. Program kerja dibedakan menjadi 2 yaitu program kerja utama dan partisipatif. Program kerja utama meliputi: pengelolaan laboratorium, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan fisik kelas, pelatihan microsoft office, serta pelatihan model-model pembelajaran, pembuatan mading, class meeting, dan pembuatan hidroponik. Sedangkan program kerja partisipatif meliputi: inventarisasi tanaman, labeling tanaman, pembuatan powerpoint, pembuatan portofolio, dan kaderisasi adiwiyata bagian MCK.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, Program Kerja, SD Negeri 1 Trirenggo |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 06:05 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |