Pembinaan Siswa SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Angriani, Eva (2017) Pembinaan Siswa SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eva-anggriani-15703251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pembinaan siswa bidang akademik di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta (2) pembinaan siswa bidang nonakademik di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan siswa di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif, dimulai dari kondensasi, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan siswa yang dilaksanakan di SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta meliputi empat fungsi manajemen, yaitu: (a). perencanaan, (b). pengorganisasian, (c). penggerakan dan (d). pengawasan. Dalam pelaksanaan pembinaan siswa juga meliputi unsur- unsur manajemen, yaitu: (a). man, (b). method, (c). material dan (d). machine. Pembinaan yang dilaksanakan terbagi menjadi dua bidang yaitu bidang akademik dan nonakademik. Pembinaan siswa bidang akademik di SMP IT Masjid Syuhada adalah pendalam materi dan Pogram Intensif Belajar (Pijar) untuk siswa kelas IX, pembinaan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional, sementara itu pembinaan siswa bidang non akademik meliputi ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler wajib pilihan. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan siswa SMP IT Masjid Syuhada adalah sedikitnya jumlah SDM yang dimiliki sekolah dan keterbatasan waktu yang mengakibatkan tidak dapatnya berjalan dengan optimal kegiatan-kegiatan yang telah disusun. Pembinaan siswa bidang akademik di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berupa tambahan pelajaran. Pembinaan ini diikuti oleh siswa kelas VIII dan IX, pembinaan dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi ujian nasional, sementara itu pembinaan nonakademik terdapat 3 bentuk, yaitu ekstrakurikuler wajib, wajib pilihan dan pilihan. Keikutsertaan siswa dan waktu merupakan kendala yang dihadapi pada pembinaan siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembinaan siswa, sekolah.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:49
Last Modified: 09 May 2019 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54945

Actions (login required)

View Item View Item