Pengembangan LKPD Mobile Learning berbasis Guided Discovery pada Pokok Bahasan Ekosistem untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013.

Puspitasari, Asri (2017) Pengembangan LKPD Mobile Learning berbasis Guided Discovery pada Pokok Bahasan Ekosistem untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asri-puspitasari-15725251009.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk aplikasi LKPD mobile-Learning berbasis Guided Discovery yang layak pada pokok bahasan Ekosistem, (2) mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi LKPD tersebut terhadap peningkatan penguasaan kompetensi dasar pada pokok bahasan ekosistem dalam kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Design and Development Research (D & D R) menurut Ellis dan Levy. Tahapan pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi masalah, 2) mendeskripsikan tujuan, 3) mendesain dan mengembangkan artifak, 4) menguji artifak, 5) mengevaluasi hasil pengujian, dan 6) mengkomunikasikan hasil pengujian. Produk hasil pengembangan diujikan secara terbatas di SMA N 1 Sentolo dan SMA N 1 Temon Kab. Kulon Progo. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berasal dari SMA N 1 Sentolo dan SMA N 1 Temon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen validasi LKPD, instrumen tes pengukuran kompetensi pengetahuan, dan lembar observasi penguasaan kompetensi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aplikasi LKPD model Mobile Learning berbasis Guided Discovery pada pokok bahasan Ekosistem ditinjau dari penilaian pada aspek kelayakan materi, tampilan, bahasa, dan kehandalan termasuk dalam kategori baik, (2) penerapan LKPD Biologi Mobile Learning berbasis Guided Discovery pada pokok bahasan Ekosistem dalam proses pembelajaran secara signifikan mampu meningkatkan penguasaan kompetensi dasar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, mobile Learning, Guided Discovery, Kompetensi Dasar, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:06
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54943

Actions (login required)

View Item View Item