Perbandingan Metode Penyetaraan Vertikal Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang.

Nisa, Chairun (2017) Perbandingan Metode Penyetaraan Vertikal Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chairun-nisa-15701251015.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakteristik perangkat tes HOTS matematika siswa kelas VII dan kelas VIII, (2) kesetaraaan vertikal tes HOTS matematika siswa kelas VII dan kelas VIII, (3) akurasi metode penyetaraan vertikal tes HOTS matematika siswa, dan (4) perkembangan kemampuan matematika siswa kelas VII dan kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang, berdasarkan respons objek penelitian tes kemampuan siswa pada mata pelajaran matematika. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik stratified proporsional random sampling dengan jumlah sampel 1009 terdiri dari kelas VII sebanyak 505 orang dan kelas VIII sebanyak 504 orang. Instrumen penelitian adalah tes matematika model campuran untuk kelas VII dan VIII. Validitas instrumen berdasarkan telaah judgement dan reliabilitas tes berdasarkan koefisien Alpha dan fungsi informasi tes. Data dianalisis dengan menggunakan program Parscale. Data yang berupa skor disetarakan menggunakan desain common item nonequivalent groups dengan berbantuan program IRTEQ. Penyetaraan dilakukan dengan empat metode yaitu metode mean & mean, mean & sigma, kurva karakteristik Haebara, dan kurva karakteristik Stocking & Lord. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat tes HOTS matematika kelas VII dan kelas VIII memiliki rerata tingkat kesukaran butir (location) berturut-turut sebesar 0,190 dan 0,451, butir-butir memiliki daya beda (slope) yang baik dengan rerata daya beda sebesar 0,701 pada kelas VII dan 0,634 pada kelas VIII; (2) hasil penyetaraan vertikal menghasilkan persamaan penyetaraan Y’= 0,88X- 0,27 dengan metode mean & mean, Y’=0,19X-0,02 dengan metode mean & sigma, Y’=0,38X-0,12 dengan metode kurva karakteristik Haebara, dan persamaan Y’=0,57X-0,18 dengan metode kurva karakteristik Stocking & Lord; (3) penyetaraan memberikan informasi bahwa nilai Root Mean Square Different (RMSD) kemampuan (θ) yang dihasilkan metode mean & mean sebesar 0,2955, metode mean & sigma sebesar 0,8102, metode kurva karakteristik Haebara sebesar 0,6315, dan metode kurva karakteristik Stocking & Lord sebesar 0,466; (4) terdapat perkembangan kemampuan siswa kelas VII ke kelas VIII atau kemampuan siswa kelas VIII lebih tinggi dibandingkan kemampuan siswa kelas VII di Kabupaten Deli Serdang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyetaraan vertikal, metode penyetaraan, perkembangan kemampuan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:17
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54934

Actions (login required)

View Item View Item