Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Kabupaten Klaten.

Riscaputantri, Anggarwati (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggarwati-riscaputantri-15701251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk:1) menghasilkan instrumen yang memenuhi syarat untuk mengukur afektif siswa kelas IV, dan 2) mengetahui gambaran afektif siswa kelas IV tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Klaten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan Model Thiagarajan. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 6 sekolah dasar yang menerapkan Kurikulum 2013. Subyek penelitian adalah 13 sekolah dasar pada siswa kelas IV di Kabupaten Klaten yang telah mejadi rintisan Kurikulum 2013. Instrumen penilaian afektif yang telah disusun divalidasi isi oleh ahli dan diperoleh indeks Aiken. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengujian instrumen dianalisis menggunakan analisis faktor ekploratori dan analisis faktor konfirmatori. Reliabilitas instrumen diestimasi dengan Alpha Cronbach dan Construk Reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Instrumen penilaian untuk mengukur afektif siswa kelas IV berjumlah 18 butir telah memenuhi syarat yaitu validitas dan reliabilitas dengan: a) validitas isi diperoleh indeks Aiken sebesar 0,85; b) Validitas konstruk 18 butir dengan analisis faktor eksploratori KMO = 0, 726; Barlett’s Test = 0,000; MSA > 0,5 dan muatan faktor > 0,32. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori diperoleh chi square = 0,39; RSMEA = 0.012, GFI = 0,93; AGFI = 0,90, CFI = 1,00, RFI = 1, 00, t > 1,96. c) hasil estimasi reliabilitas dengan Alpha Cronbach dengan koefisien sebesar 0,694 sedangkan reliabilitas berdasarkan Construk Reliability menunjukkan bahwa pada sikap disiplin 0,99; sikap jujur 0,99; sikap peduli 0,99; sikap percaya diri 0,94; sikap santun 0,99 dan sikap tanggung jawab 0,99 sehingga dapat dikatakan instrumen tersebut reliabel, 2) Gambaran afektif siswa adalah a) berdasarkan tingkatan afektif Krathwohl, Bloom & Masia pada tingkatan karakterisasi sebesar 42, 9%, mengorganisasi sebesar 50,9 %, menilai 6,2% sedangkan tahapan merepon dan menerima sebesar 0%, b) berdasarkan acuan Kurikulum 2013 pada kategori baik sekali sebesar 62%, kategori baik 38% dan kategori cukup 1%, kategori butuh bimbingan sebesar 0 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian afektif, sikap, tingkatan afektif Krathwohl, Bloom & Masia, analisis faktor eksploratori, analisis faktor konfirmatori.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:00
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54932

Actions (login required)

View Item View Item