Keefektifan Strategi Kreatif-Produktif dan Srategi Reviewing a film dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII MTsN 7 Bantul.

Rahmi, Yulia (2017) Keefektifan Strategi Kreatif-Produktif dan Srategi Reviewing a film dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII MTsN 7 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia-rahmi-15715251002.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keefektifan antara penggunaan strategi kreatif-produktif dan strategi reviewing a film dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN 7 Bantul, (2) mengetahui perbedaan keefektifan antara penggunaan strategi kreatif-produktif dan strategi konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN 7 Bantul, (3) mengetahui perbedaan keefektifan antara penggunaan strategi reviewing a film dan strategi konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN 7 Bantul, dan (4) Mengetahui penggunaan strategi yang paling efektif antara strategi kreatif-produktif, strategi reviewing a film, dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII MTsN 7 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat adalah keterampilan siswa dalam menulis cerpen dan variabel bebasnya adalah strategi kreatif-produktif dan strategi reviewing a film. Pada penelitian ini terdapat tiga kelompok yaitu dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yang dipilih secara random. Kelompok eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi kreatif-produktif dan strategi reviewing a film dan kelompok kontrol menggunakan strategi konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 7 Bantul. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes keterampilan menulis cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengukur keterampilan menulis cerpen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur yang dilanjutkan dengan uji scheffe dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kreatif-produktif efektif digunakan dalam menulis cerpen dibandingkan dengan strategi reviewing a film dengan melihat taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan mean difference 10,32258* yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan menulis cerpen dengan menggunakan strategi kreatif-produktif dan strategi reviewing a film. Strategi kreatif-produktif efektif digunakan dalam menulis cerpen dibandingkan dengan strategi konvensional dengan melihat taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan mean difference 17,03226* yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan menulis cerpen dengan menggunakan strategi kreatif-produktif dan strategi konvensional. Strategi reviewing a film efektif digunakan dalam menulis cerpen dibandingkan dengan strategi konvensional dengan melihat taraf signifikansi 0,012 < 0,05 dan mean difference 6,70968* yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan menulis cerpen dengan menggunakan strategi reviewing a film dan strategi konvensional. Strategi kreatif produktif paling efektif dibandingkan strategi reviewing a film dan strategi konvensional dalam keterampilan menulis cerpen dengan taraf signifikan 0,000 dan nilai F 30,348.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan strategi, kreatif-produktif, reviewing a film, keterampilan menulis cerpen.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:51
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54920

Actions (login required)

View Item View Item