Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra Berbasis Pendekatan Proses untuk Siswa SMA/ SMK Kelas X.

Shintasari, Parastya (2017) Pengembangan Buku Ajar Menulis Sastra Berbasis Pendekatan Proses untuk Siswa SMA/ SMK Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-parastya-shintasari-15715251008.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar menulis sastra berbasis pendekatan proses untuk siswa SMA/ SMK kelas X dan mengetahui kelayakan produk buku ajar menulis sastra berbasis pendekatan proses dilihat dari hasil validasi oleh ahli, guru, dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah pengembangan Borg & Gall (1983) yang meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan produk, Validasi ahli dan guru, Uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, dan penyempurnaan produk akhir. Analisis kebutuhan telah dilakukan di tiga sekolahan yang berbeda, yaitu SMK Negeri 1 Bansari, SMK Negeri 1 Jumo, dan SMA Negeri 1 Parakan. Ujicoba produk dilakukan oleh 39 siswa di SMK Negeri Bansari dan SMK Negeri Jumo. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli dan guru bahasa Indonesia serta lembar respon siswa. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif menggunakan rating scale dengan skor berskala 1-5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar menulis sastra berbasis pendekatan proses yang dikembangkan layak digunakan. Buku ajar menulis sastra berbasis pendekatan proses untuk siswa SMA/ SMK kelas X, menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi, terdiri atas tiga materi menulis sastra teks anekdot, cerita pendek, dan puisi. Menurut ahli buku tersebut berkategori baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikan. Menurut guru bahasa Indonesia buku tersebut berkategori sangat baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikan. Berdasarkan uji coba siswa buku tersebut berkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, menulis, pendekatan proses
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:27
Last Modified: 09 May 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54919

Actions (login required)

View Item View Item