LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Oktaviani, Ajeng (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14401241014 Ajeng Oktaviani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang berbobot 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, mahasiswa melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) SMP Negeri 3 Sewon di Jalan Bantul KM 6,5 Kelurahan Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini ditujukan untuk mahasiswa kependidikan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang praktik mengajar di sekolah serta kegiatan persekolahan lainnya yang dimanfaatkan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik dikemudian hari. Selain itu, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan untuk menerapkan ilmu akademis selama duduk dibangku perkuliahan dan agar mampu meningkatkan kompetensi sebagai calon tenaga pendidik yang mencakup kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pemberian layanan program pengajaran di sekolah dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa. Pemberian program pembelajaran ini dilakukan pada lingkup kelas VII C dan VII D dan pendampingan pembelajaran pada kelas VII A an VII B. Selain pemberian program pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa PLT SMP Negeri 3 Sewon turut serta mengikuti kegiatan yang diadakan oleh sekolah baik kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah lainnya. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua Bulan di SMP Negeri 3 Sewon ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT diantaranya adalah kurangnya koordinasi mahasiswa PLT dengan pihak SMP Negeri 3 Sewon sehingga tidak jarang terjadi mis komunikasi, selain itu kurangnya minat peserta didik untuk belajar sehingga mahasiswa diharuskan lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan PLT-UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMP Negeri 3 Sewon, Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jan 2018 00:27
Last Modified: 02 Oct 2019 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54913

Actions (login required)

View Item View Item