PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BUSANA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Aisiyah, Ulayya (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BUSANA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) bentuk perhatian orang tua siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta, (2) prestasi belajar pembuatan pola siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta,dan (3) ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pembuatan pola siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta sebanyak 60 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan teknik sampling total. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menujukkan: (1) bentuk perhatian yang diberikan orang tua terhadap pembelajaran pembuatan pola busana pada siswa kelas XI program keahlian tata busana SMK Negeri 4 Surakarta yaitu perhatian terhadap kesehatan anak, pengawasan belajar, penciptaan suasana belajar yang nyaman, pemenuhan kebutuhan belajar, pemberian bimbingan belajar, pemberian penghargaan, dan pemberian hukuman. Perhatian orang tua yang diberikan pada siswa paling tinggi diperoleh dalam bentuk perhatian pada kesehatan anak dengan persentase 16,5%, (2) prestasi belajar pada pembelajaran pembuatan pola busana kelas XI program keahlian tata busana SMK Negeri 4 Surakarta mayoritas berada pada kategori sedang dengan persentase sebanyak 65%, dan (3) berdasarkan perhitungan analisis regresi diperoleh nilai Fhitung = 15,010 pada taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian ada pengaruh yang positif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pembuatan pola siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 20,52%. Hal ini berarti prestasi belajar pembuatan pola siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 20,52%, sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor internal dan faktor eksternal lain yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar pembuatan pola siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, prestasi belajar, pembuatan pola busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54901

Actions (login required)

View Item View Item