PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) BERBASIS SITUS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOPERASI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI PAJANGAN 1 TAHUN AJARAN 2017/2018

SARASWATI, AYU (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) BERBASIS SITUS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOPERASI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI PAJANGAN 1 TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Berbasis Situs Web pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Cara Pengembangan Koperasi dan Koperasi Sekolah; mengetahui kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran; mengetahui pendapat siswa terhadap pengembangan media; selain itu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah penggunaan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Media yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru ekonomi, dan 48 siswa uji lapangan. Pada tahap Evaluasi diukur pencapaian hasil penelitian dengan acuan nilai gain yang diperoleh dari pengukuran motivasi belajar siswa pada dua kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Pajangan sebagai subjek uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan media pembelajaran elektronik (e-learning) berbasis situs web melalui lima tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,6 termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,941 termasuk dalam kategori Sangat Baik, 3) Guru Ekonomi diperoleh rata-rata skor 3,412 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir memperoleh skor rata-rata di kelas XII IPS 1 sebesar 3,4444 dan skor rata-rata di kelas XII IPS 2 sebesar 3,38 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Hasil akhir dari seluruh penilaian terhadap Media yang dikembangkan menurut tingkat kelayakan termasuk dalam kategori Sangat Layak digunakan sebagai media Pembelajaran Koperasi. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media diperoleh peningkatan pada kelas XII IPS 1 sebesar 10,54% dan peningkatan pada kelas XII IPS 2 sebesar 11,13%. Secara keseluruhan hasil perhitungan dengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa media dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Elektronik, Situs Web, Koperasi, Motivasi Belajar, Penelitian Pengembangan, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54895

Actions (login required)

View Item View Item