LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Siti Noor Rochimah, Siti Noor Rochimah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PLT_SITI NOOR ROCHIMAH_14108241002.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pada program studi yang ditekuninya. Program PLT dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sebagai wujud nyata pelaksanaan PLT, UNY bekerja sama dengan SD Ngoto yang ditunjuk sebagai salah satu satuan pendidikan untuk melaksanakan PPL bagi mahasiswa praktikan. PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa praktikan agar dapat mengaplikasikan ilmu yang selama ini diperoleh dalam kegiatan perkuliahan. Selain itu, PLT juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa praktikan sebelum memasuki dunia kerja setelah lulus nantinya. Kegiatan PLT di SD Ngoto dimulai pada hari Jumat, 15 September 2017 hingga berakhir pada hari Rabu, 15 November 2017. Program PLT terdiri dari dua besaran program, yaitu program mengajar dan program nonmengajar. Program mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Program mengajar diwujudkan dalam 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar ujian. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yaitu kelas IA,IB, IIA, IIB untuk kelas rendah, sedangkan praktik mengajar untuk kelas tinggi dilaksanakan di kelas IVA,B-VA,B. Program nonmengajar merupakan program kerja yang bersifat menunjang pelaksanaan PLT. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja selama 377.5 jam sehingga telah memenuhi jam kerja minimal yaitu 240 jam. Program PLT di SD Ngoto secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat dilapangan, semuanya dapat diselesaikan dengan baik berkat sinergi antara mahasiswa praktikan, dosen pembimbing lapangan (DPL), kepala sekolah, guru pamong, guru kelas, dan siswa-siswi SD Ngoto.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: DPL, guru, mengajar, Ngoto, nonmengajar, pamong, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54880

Actions (login required)

View Item View Item