LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Erlina Setyaningsih, Erlina Setyaningsih (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14513244007-ERLINA SETYANINGSIH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk dapat belajar, mempersiapakan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Pelaksanaan program PLT bagi mahasiswa kependidikan memiliki misi mempersiapkanh tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sekolah yang terpilih sebagai tempat praktik ini adalah SMK Negeri 1 Pandak. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak yang dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain : Persiapan administrasi mengajar, penyusunan materi ajar baik teori maupun praktik, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT adalah meningkatnya kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dibangku kuliah sekaligus semakin luasnya wawasan dan pengalaman tentang kegiatan kependidikan dan kegiatan-kegiatan yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar disekolah. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PLT ini harus menempuh lebih kurangnya 240 jam dalam pelaksanaannya. Selama kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Pandak, dalam realisasinya penyusunan telah menempuh sebanyak 297 jam. Penyusunan kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Pandak membantu mengampu mata pelajaran Dasar Teknologi Busana kelas X Busana Butik 2 dan mata pelajaran Busana Industri untuk kelas XI Busana Butik 1. Secara umum pelaksanaan program-program yang telah disusun dapat dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun terdapat beberapa hambatan, namun atas bimbingan dan arahan dari berbagai pihak hambatan tersebut dapat diatasi. Dengan terseleseikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga kerja pendidik yang berkualitas dan professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Praktek Lapangan Terbimbing. Program Praktek Lapangan Terbimbing, Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54878

Actions (login required)

View Item View Item