LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ahmad Syarifudin Zuhri, Ahmad Syarifudin Zuhri (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14511241032-AHMAD SYARIFUDIN ZUHRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan kesimpulan. Dalam praktik mengajar (PLT) praktikan mengampu 2 mata pelajaran yaitu Dasar Proses Pengolhan Hasil Pertanian dan Perikanan untuk kelas X TPHP 1 dan Pengolahan Hasil hewani untuk kelas XI TPHP 1 dan XI TPHP 2. Alokasi waktu jam pelajaran dalam satu minggu adalah 15 jam (@ 45 menit) yang terbagi dalam 2 x pertemuan (3 jam pelajaran di hari senin dan 2 jam pelajaran di hari sabtu) untuk mata pelajaran Dasar Proses Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan serta 2 x pertemuan (5 jam pelajaran hari rabu dan 5 jam pelajaran hari kamis) untuk mata pelajaran Pengolahan Hasil Hewani. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya program kerja PLT yang telah direncanakan. Kesimpulan dari kegiatan PLT ini adalah (1) PLT adalah suatu sarana bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing- masing. (2) PLT adalah sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan berhadapan langsung kepada masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah, baik itu mengenai manajemen pendidikan dan akan menuju proses pencarian jati diri mahasiswa yang melaksanakan PLT tersebut. (3) PLT akan menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses belajar mengajar secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon pendidik dan pengajar. (4) PLT menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas, dan tanggung jawab sekolah secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerak yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya. (5) Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid yang ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan. Program Praktek Pengalaman Lapangan, Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54873

Actions (login required)

View Item View Item