PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

NurRochma, NurRochma (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
2. Catatan Harian.doc

Download (306kB)
[img] Text
3. Serapan Dana.docx

Download (17kB)
[img] Text
4. Lembar Observasi Kelas dan Peserta Didik.docx

Download (44kB)
[img] Text
5. Lembar Observasi Kondisi Sekolah.docx

Download (48kB)
[img] Text
6. Lembar Observasi Pembelajaran.docx

Download (43kB)
[img] Text
7. Jadwal Mengajar Rochma.docx

Download (19kB)
[img] Text
8. Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
8. Dokumentasi Rochma.docx

Download (3MB)
[img] Text
10. Analisis UH Kelas X IPS.docx

Download (64kB)
[img] Text
11. Kartu Bimbingan PLT.docx

Download (137kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (105kB)
[img] Text
LAPORAN INDIVIDU.docx

Download (54kB)

Abstract

PraktikLapanganTerbimbing (PLT) adalah program yang bertujuanuntukmengembangkankompetensimengajarmahasiswasebagaicalon guru/pendidikdantenagakependidikan. Program inimerupakanmatakuliah 3 SKS yang wajibditempuholehmahasiswajenjang S-1 kependidikan.Kegiataninimemberikanpengalamanbagimahasiswa yang akanmenjalaniprofesisebagaipendidikdalamrangkamengembangkankompetensipedagogik, kepribadian, sosialdanprofesional. Olehkarenaitu, mahasiswadapatmerasakanatmosferduniakependidikansecaralangsung.Pelaksanaan PLT berlangsungselamakuranglebih 8 minggu (2 bulan), yaitusejaktanggal 15 September sampaidengan 15 November 2017 di SMAN 1 Pundong yang berlokasi di Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Sejumlah 14 mahasiswamelaksanakan PLT di SMAN 1 Pundong yangterdiridari 7 program studimeliputiPendidikanMatematika, PendidikanBiologi, PendidikanFisika, PendidikanGeografi, PendidikanSejarah, PendidikanSosiologi, dan PJKR. Kegiataninidimulaidariobservasihinggapelaksanaan yang terbagimenjadibeberapatahapanyaitupersiapanmengajar, pelaksanaanmengajar, danevaluasihasilmengajar.Selainitukegiatan PLT jugamencakuppraktikmanajemenadministrasisekolahbaikituadministrasi di bagian Tata Usaha (TU) maupunperpustakaan.Praktikmengajar di kelasdenganjumlahmengajar minimal 8 kali pertemuantelahdilaksanakansebanyak 26 kali pertemuan.Pelaksanaan PLT dilaksanakan di 7 kelasmeliputikelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 dan X IPS 4. Adapunhasil yang dicapaiselama PLT ialahmahasiswamendapatpengalamandanketrampilanuntukmelaksanakanpembelajarandanberbagaihalmengenaimanajemenadministrasisekolah.Selainitu, mahasiswajugamendapatpengalamanmerasakansecaralangsungbagaimanamenjadi guru danmenghadapikondisimaupunsituasi yang ada.Selamapelaksanaandirasatidakterdapatkendala yang begituberarti. Kegiatan PLT inimemberikanmanfaat yang besarbagimahasiswa.Aplikasiilmuselama di kampusbenar – benarditerapkansaat PLT berlangsung.Miskonsepsi yang dahuluditerimawaktumahasiswaberada di bangkukuliahdapatsegeradiperbaikikarenasudahmemahamikendaladansolusinya di lapangansecaranyata.Mahasiswajugabelajartentangpengelolaansekolahbesertakultursekolahsecarasosialmaupunprofesional. Hal yang pentingdari PLT iniadalahmahasiswamendapatkanpengalamanberhargadanjugahubungankekeluargaandenganpesertadidikdanmasyarakatsekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PraktikLapanganTerbimbing (PLT), SMAN 1 Pundong
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jan 2018 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54862

Actions (login required)

View Item View Item