NurRochma, NurRochma (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
2. Catatan Harian.doc Download (306kB) |
|
Text
3. Serapan Dana.docx Download (17kB) |
|
Text
4. Lembar Observasi Kelas dan Peserta Didik.docx Download (44kB) |
|
Text
5. Lembar Observasi Kondisi Sekolah.docx Download (48kB) |
|
Text
6. Lembar Observasi Pembelajaran.docx Download (43kB) |
|
Text
7. Jadwal Mengajar Rochma.docx Download (19kB) |
|
Text
8. Dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
8. Dokumentasi Rochma.docx Download (3MB) |
|
Text
10. Analisis UH Kelas X IPS.docx Download (64kB) |
|
Text
11. Kartu Bimbingan PLT.docx Download (137kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (105kB) |
|
Text
LAPORAN INDIVIDU.docx Download (54kB) |
Abstract
PraktikLapanganTerbimbing (PLT) adalah program yang bertujuanuntukmengembangkankompetensimengajarmahasiswasebagaicalon guru/pendidikdantenagakependidikan. Program inimerupakanmatakuliah 3 SKS yang wajibditempuholehmahasiswajenjang S-1 kependidikan.Kegiataninimemberikanpengalamanbagimahasiswa yang akanmenjalaniprofesisebagaipendidikdalamrangkamengembangkankompetensipedagogik, kepribadian, sosialdanprofesional. Olehkarenaitu, mahasiswadapatmerasakanatmosferduniakependidikansecaralangsung.Pelaksanaan PLT berlangsungselamakuranglebih 8 minggu (2 bulan), yaitusejaktanggal 15 September sampaidengan 15 November 2017 di SMAN 1 Pundong yang berlokasi di Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Sejumlah 14 mahasiswamelaksanakan PLT di SMAN 1 Pundong yangterdiridari 7 program studimeliputiPendidikanMatematika, PendidikanBiologi, PendidikanFisika, PendidikanGeografi, PendidikanSejarah, PendidikanSosiologi, dan PJKR. Kegiataninidimulaidariobservasihinggapelaksanaan yang terbagimenjadibeberapatahapanyaitupersiapanmengajar, pelaksanaanmengajar, danevaluasihasilmengajar.Selainitukegiatan PLT jugamencakuppraktikmanajemenadministrasisekolahbaikituadministrasi di bagian Tata Usaha (TU) maupunperpustakaan.Praktikmengajar di kelasdenganjumlahmengajar minimal 8 kali pertemuantelahdilaksanakansebanyak 26 kali pertemuan.Pelaksanaan PLT dilaksanakan di 7 kelasmeliputikelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 dan X IPS 4. Adapunhasil yang dicapaiselama PLT ialahmahasiswamendapatpengalamandanketrampilanuntukmelaksanakanpembelajarandanberbagaihalmengenaimanajemenadministrasisekolah.Selainitu, mahasiswajugamendapatpengalamanmerasakansecaralangsungbagaimanamenjadi guru danmenghadapikondisimaupunsituasi yang ada.Selamapelaksanaandirasatidakterdapatkendala yang begituberarti. Kegiatan PLT inimemberikanmanfaat yang besarbagimahasiswa.Aplikasiilmuselama di kampusbenar – benarditerapkansaat PLT berlangsung.Miskonsepsi yang dahuluditerimawaktumahasiswaberada di bangkukuliahdapatsegeradiperbaikikarenasudahmemahamikendaladansolusinya di lapangansecaranyata.Mahasiswajugabelajartentangpengelolaansekolahbesertakultursekolahsecarasosialmaupunprofesional. Hal yang pentingdari PLT iniadalahmahasiswamendapatkanpengalamanberhargadanjugahubungankekeluargaandenganpesertadidikdanmasyarakatsekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PraktikLapanganTerbimbing (PLT), SMAN 1 Pundong |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 01:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54862 |
Actions (login required)
View Item |