RIDWAN ARIFIN, RIDWAN ARIFIN (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PLT_ Ridwan Arifin_PJKR.pdf Download (565kB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PLT adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PLT bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PLT juga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September-15 November 2017 di SMA Negeri 1 Banguntapan. Mahasiswa PLT bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa. Kegiatan PLT meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY,kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro (magang) , pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar. Hasil dari kegiatan PLT di SMA Negeri 1 Banguntapan antara lain praktik mengajar mata pelajaran PJOK tatap muka di kelas XI dan XII .Pelaksanaan kegiatan PLT di SMA Negeri 1 Banguntapan dapat dilaksanakan dengan lancar karena komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah,kepala sekolah, dan mahasiswa. Selain itu juga peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa PLT serta peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT,Praktik Mengajar, PJOK |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 06:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |