LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sekar Ayu Larasati, Sekar Ayu Larasati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PKnH_14401244026_Sekar Ayu Larasati.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu model yang dipilih adalah pelaksanaan PLT (Praktik Lapangan Terbimbing). PLT bermisi pembentukan dan peningkatan kemampuan tenaga pendidik yang professional. Program PLT merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. PLT ini bertujuan untuk melakukan pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai upaya mempersiapkan pengalaman dan bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan PLT yang bertempat di SMA Negeri 1 Sewon praktikan mendapat bagian tiga kelas yaitu kelas X MIPA 6, X IPS 4, dan XI IPS 1 dengan total jam perminggu adalah 6 jam pelajaran dengan alokasi 2 jam pelajaran (45 menit) untuk setiap kali tatap muka. Praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yaitu PPKn. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni pengajaran mikro, pembekalan PLT, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Pelaksaan mengajar di kelas dimulai tanggal 11 Oktober 2017 sampai dengan 15 November 2017, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing PPKn di SMA Negeri 1 Sewon. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar PPKn. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PLT ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Melalui kegiatan PLT ini banyak manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2018 09:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54827

Actions (login required)

View Item View Item