LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Willa Lutfi Kholbiyulhusna, Willa Lutfi Kholbiyulhusna (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Geografi_14405244026_Willa Lutfi Kholbiyulhusna.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa calon pendidik untuk menerapkan teknik teknik mengajar di sekolah. Mata kuliah prasyarat yang harus dipenuhi adalah lulus micro teaching sebagai latihan mengajar dalam tim kecil. Praktikan melaksanakan PLT di semester ganjil tahun 2017 di SMA Negeri 1 Sewon terhitung sejak 16 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah persiapan PLT (pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi), pelaksanaan PLT (praktik mengajar dan praktik non mengajar), dan evaluasi PLT berupa laporan praktik PLT. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 24 kali pertemuan di kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, dan X IPS 4. Sedangkan praktik tidak mengajar terdiri dari upacara rutin, ikut serta kegiatan sekolah, membantu tata usaha, inventarisasi perpustakaan, piket guru,dan pendampingan ekstrakurikuler. Kegiatan mengajar dalam PLT terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar dilakukan dengan membuat matriks mengajar, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun materi ajar, dan membuat media pembelajaran. Pelaksanaan mengajar dilakukan di kelas dan luar kelas dengan berbagai metode yang telah direncanakan dalam RPP. Evaluasi mengajar dengan menilai hasil belajar, menganalisis butir soal, dan merefleksikan diri dalam mengajar. Program PLT secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik dan telah melampaui target yang diberikan pihak universitas yaitu sebanyak 260 jam. Hambatan yang dihadapi merupakan hambatan normal yang bias diatasi dengan baik seperti: kekurangan tenaga kerja saat inventarisasi perpustakaan, sulit mengkondisikan siswa saat pertama kali masuk, dan kurangnya manajemen waktu saat pembelajaran. Solusi atas hambatan tersebut dengan meminta bantuan kepada mahasiswa lain yang tidak piket perpustakaan, mendekatkan diri dengan murid, dan mengalokasikan waktu dengan baik sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik lapangan terbimbing, mahasiswa, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54816

Actions (login required)

View Item View Item