LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Ratna Amalia Sangidu, Ratna Amalia Sangidu (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Fisika_14302241010_Ratna Amalia Sangidu.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMA Negeri 1 Sewon telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT terdiri dari 23 mahasiswa dari 11 program studi. Tujuan diadakannya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar dan non-mengajar, pembuatan kelengkapan administrasi guru, dan pelaksanaan kegiatan unit sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara urut, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pengampu mata pelajaran. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan PLT. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PLT tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIPA 3, X MIPA 4, X MIPA 5, dan X MIPA 6 dengan jumlah pertemuan total adalah 20 kali dengan mengacu pada Kurikulim 2013 . Selama kegiatan PLT berlangsung baik program kelompok maupun program individu dibidang akademik, non-akademik, serta kesiswaan sangat membantu mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pada bidang manajerial dan administrasi di sekolah. Program yang dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sekolah serta bermanfaat bagi mahasiswa PLT. Terlaksananya program PLT ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Kegiatan Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54813

Actions (login required)

View Item View Item