PROGRAM PARENTING DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN BANTUL

Maria, Ulfah (2018) PROGRAM PARENTING DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Maria Ulfah_13111241056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) persentase jumlah taman kanak-kanak (TK) di Kecamatan Bantul yang sudah melaksanakan program parenting; (2) jenis program parenting yang paling banyak diterapkan di TK se-Kecamatan Bantul; (3) pihak-pihak yang berperan dalam program parenting di TK se-Kecamatan Bantul; (4) materi program parenting yang dilaksanakan di TK se-Kecamatan Bantul; (5) kendala/hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan program parenting di TK se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara semi terstruktur. Instrumen yang digunakan berupa angket sejumlah 80 item dengan dua alternatif jawaban. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 38 TK se-Kecamatan Bantul. Responden penelitian ini adalah seluruh kepala TK di Kecamatan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar (86,8%) TK di Kecamatan Bantul telah melaksanakan program parenting; (2) komunikasi dalam bentuk diskusi antara orangtua dan pihak sekolah melalui media sosial maupun secara langsung merupakan program parenting yang paling banyak dilakukan; (3) Peran pihak sekolah lebih dominan daripada orangtua dalam program parenting di TK se-Kecamatan Bantul; (4) materi program prenting 100% mengenai tumbuh kembang anak; (5) faktor terbesar penghambat pelaksanaan program parenting yaitu terbatasnya waktu yang dimiliki orangtua (73,7%) dan terbatasnya dana yang dimiliki sekolah (65,8%) TK; (5) sebagian besar (86,8%) TK mengadakan acara yang diperankan oleh anak-anak, melakukan diskusi dengan orangtua menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran orangtua dalam setiap program yang dilaksankan sekolah sebagai upaya untuk melibatkan orangtua dalam program parenting. Kata kunci: program parenting, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 15:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54802

Actions (login required)

View Item View Item