DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK UMUM SE-KECAMATAN PAJANGAN BANTUL

Yunita, Akmalia (2018) DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK UMUM SE-KECAMATAN PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yunita Akmalia_12111241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode pembelajaran Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun di TK umum se-Kecamatan Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di TK umum se-Kecamatan Pajangan yang berjumlah 9 orang guru, sedangkan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Nilai Agama dan Moral untuk anak usai 4-5 Tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obervasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik Hasil penenlitian menunjukkan bahwa di TK umum se-Kecamatan Pajangan menggunakan metode bercakap-cakap dengan prosedur yaitu: a) guru menarik perhatian dan minat anak, b) guru membimbing anak, c) mempersiapkan alat dan bahan, dan d) merancang evaluasi. Prosedur penggunaan metode pemberian tugas yaitu: a) menetapkan sasaran sesuai tema, b) menyiapkan alat dan bahan, c) menetapkan tugas yang dilakukan anak, d) menjelaskan cara mengerjakan tugas, e) guru membimbing anak, dan f) mengevaluasi dengan observasi. Prosedur penggunaan metode demonstrasi yaitu: a) guru mempersiapkan anak mengikuti kegiatan demonstrasi, b) meminta anak untuk memperhatikan apa yang dilakukan guru, dan d) guru mendemonstrasikan kegiatan yang dilakukan anak. Prosedur penggunaan metode bercerita yaitu: a) guru mengatur tempat duduk, b) guru mengembangkan cerita, dan c) guru mengajukan pertanyaan tentang isi cerita. Metode gabungan, guru menggabungkan metode pemberian tugas dengan demonstrasi, dan metode demosntrasi dengan metode bercakap-cakap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, nilai agama dan moral
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54801

Actions (login required)

View Item View Item