DESKRIPSI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA BENGKEL PRAKTIK YANG DIPERGUNAKAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI KOTA YOGYAKARTA

Danang Beni, Pratama (2018) DESKRIPSI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA BENGKEL PRAKTIK YANG DIPERGUNAKAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
2. SKRIPSI_13504244007_Danang Beni P.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Tingkat pemenuhan sarana dan prasarana bengkel praktik yang digunakan oleh masing-masing SMK, (2) Hasil belajar siswa, dari penyelenggaraan proses pembelajaran yang terkait dengan sarana dan prasarana bengkel praktik yang di pergunakan Sekolah Menengah Kejuruan dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakasanakan di SMK pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Yogyakarta dengan responden berjumlah 5 Sekolah Menengah Kejuruan, yang masing-masing terdiri dari 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan Swasta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket kuisoner. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada deskripsi sarana prasarana bengkel praktik yang dipergunakan dan hasil belajar siswa SMK pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di kota yogyakarta menunjukan bahwa: (1) Kondisi sarana prasarana bengkel praktik yang dipergunakan SMK pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Yogyakarta dikatagorikan cukup memenuhi dengan nilai rata-rata 69,40%, (2) Hasil belajar siswa SMK pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang ada di Kota Yogyakarta dikatagorikan sudah kompeten dengan nilai rata-rata 86,28, bila kondisi sarana prasarana bengkel praktik yang memadai dan lengkap maka akan menghasilkan keterampilan siswa yang bagus dilihat dari hasil belajarnya. Apabila kondisi sarana prasarana bengkel praktik kurang memadai dan kurang lengkap maka akan menghasilkan keterampilan siswa yang terbatas dan hasil belajar yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik, Hasil Belajar, Bengkel Praktik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54796

Actions (login required)

View Item View Item