LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Usmar Ashari Miftakhul Huda, Usmar Ashari Miftakhul Huda (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Jawa_14205241054_Usmar Ashari M Huda.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan mendidik dan keguruan sehingga dapat mempersiapkan diri dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai seorang calon pendidik. Praktik mengajar merupakan kegiatan pokok pelaksanaan PLT dimana mahasiswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung pada kegiatan belajar mengajar. Dalam melakukan praktik mengajar ini jadwal mengajar Mahasiswa praktikan disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 bertempat di SMA Negeri 1 SEWON dan mulai dilaksanakan pada 16 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Program PLT yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 SEWON yang dalam pelaksanaannya meliputi observasi pra PLT, observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah yaitu piket lobby, piket TU, dan perpustakaan, dan program kerja kelompok. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini, mahasiswa harus melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PLT dilaksanakan selama 30 kali tatap muka dengan mengajar di 5 kelas pokok yaitu kelas X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4, X MIPA 5, dan X IPS 1. Dalam melaksanakan kegiatan PLT terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melakukan PLT yaitu dalam mengkomunikasikan bahan ajar karena mayoritas siswa menggunakan bahasa Indonesia, dan belum tersedianya kamus sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 SEWON, Bahasa Jawa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 05:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54791

Actions (login required)

View Item View Item