LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sasa Senja Puri, Sasa Senja Puri (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
23. 14413241048_SASA SENJA PURI_P. SOSIOLOGI UNY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebuah Universitas Negeri yang berada di Yogyakarta dan melahirkan generasi pendidik yang selalu meningkatkan kualitas dan efisiensinya dalam dunia pendidikan, hal ini di buktikan dalam sebuah mata kuliah praktek lapangan yaitu Praktek Latihan Terbimbing (PLT). Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai seorang pendidik yang memiliki 4 kompetensi dasar menjadi guru yaitu, pedagogis, sosial, profesional dan berkepribadian. Program PLT adalah program yang difokuskan pada komunitas sekolah, seperti kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan juga kegiatan diluar kelas yang masih berhubungan dengan kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler dan piket guru. Kegiatan PLT menjalin kerjasama dalam berbagai lembaga sekolah, salah satunya adalah SMA N 3 BANTUL yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dibimbing melalui DPL jurusan, DPL pamong, dan juga guru pamong. Selain itu mahasiswa PLT mendapatkan bimbingan dari koordinator PLT SMA N 3 BANTUL dan juga Kepala sekolah mengenai hal apa saja yang di lakukan PLT. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengembangkan pembelajaran dan sumber belajar selain itu, mahasiswa harus mengetahui dan belajar mengenai administrasi guru diantaranya adalah RPP, Prota, Prosem, Silabus, penilaian dan masih banyak lagi. Pembelajaran yang menarik sangatlah dituntut dalam proses pembelajaran, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mempraktekan pembelajaran secara kontekstual. Dengan dilaksanakannya PLT di SMA N 3 BANTUL, diharapkan mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran. Selain hal tersebut, diharapkan mahasiswa PLT memiliki pengalaman dalam mengelola administrasi keguruan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan berbagai permasalahan serta dapat mengembangkan diri menjadi seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 3 BANTUL, Guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54787

Actions (login required)

View Item View Item