LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Farah Desy Sulistyorani, Farah Desy Sulistyorani (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
22. 14413241043_FARAH DESY SULISTYARANI_P.SOSIOLOGI UNY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki tujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara profesional. Program Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan guna untuk mengasah empat kompetensi guru yang harus dimiliki, yaitu meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Salah satu yang menjadi mitra kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY adalah SMA Negeri 3 Bantul yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X IPS 2, X MIPA 4 dan XI IPS 2. Tidak hanya ditugaskan dalam mengajar, Mahasiswa praktikan juga turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti pendampingan ekstrakulikurel, piket di lobi dan piket 5S. Hasil dari Praktik lapangan Terbimbing (PLT) selama dua bulan di SMA Negeri 3 Bantul antara lain mahasiswa dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Bantul. Pengetahuan tentang cara inovasi dalam mengajar juga diterapkan dalam kegiatan PLT, yang meliputi penggunaan media yang tepat dan menarik, penggunaan metode mengajar yang kontekstual sesuai dengan kondisi peserta didik. Selain itu juga menerapkan pembuatan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang baik, hingga penilaian kogitif, sikap dan ketrampilan peserta didik. Adapun dalam pelaksanaan PLT tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 3 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54786

Actions (login required)

View Item View Item