ANALISA PEMILIHAN PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN, DAN REKREASI (PJKR) FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN (FIK) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA OLEH SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMA NEGERI 1 SEWON ANGKATAN 2017

Wijanarka, Satriawan (2017) ANALISA PEMILIHAN PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN, DAN REKREASI (PJKR) FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN (FIK) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA OLEH SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMA NEGERI 1 SEWON ANGKATAN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Satriawan Wijanarka 13601244019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui alasan dan tujuan siswa kelas khusus olahraga (KKO) SMA N 1 Sewon angkatan 2017 melanjutkan ke Perguruan Tinggi Ilmu Keolahragaan Prodi PJKR. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan data memakai instrumen wawancara. Dalam penelitian ini seluruh populasi yang memilih Prodi PJKR digunakan sebagai sampel penelitian, sehingga subjek penelitian ini adalah siswa kelas khusus olahraga KKO SMA N 1 Sewon sebanyak 5 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui tujuan siswa kelas khusus olahraga di SMA N 1 Sewon angkatan 2017 melanjutkan ke Perguruan Tinggi Ilmu Keolahragaan Prodi PJKR UNY dapat disimpulkan sebagai berikut, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan rasional pemilihan prodi PJKR antara lain faktor internal yaitu bakat dan minat, faktor eksternal yaitu orangtua, keluarga dengan memberi motivasi, mendukung finansial. Siswa KKO memilih Prodi PJKR, rasionalitas mereka beranggapan memikirkan masa depan yaitu tidak hanya sekedar menjadi seorang atlet tetapi mereka memikirkan masa depan dihari tua yakni ingin mendapat pekerjaan menjadi seorang guru atau tenaga pengajar pegawai negeri sipil (PNS) setelah lulus kuliah nanti, mereka berfikiran bahwa menjadi seorang atlet tidak bertahan lama karena setiap cabang olahraga memiliki masa emas menjadi atlet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Prodi, PJKR, FIK, KKO
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:40
Last Modified: 11 Mar 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54784

Actions (login required)

View Item View Item